4 Cara untuk Memulai Self Love

Self love memiliki arti mencintai diri sendiri, lalu mengapa self love sangat penting?

Self love mengajarkan kita menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya. Kepedulian yang tidak terbatas pada diri sendiri sehingga dapat melihat diri menjadi sesuatu yang berharga dan berhak untuk bahagia.

Self love menjadi salah satu aspek penting untuk hidup yang lebih bahagia dan sehat. Kamu harus tahu, dengan menerapkan self love kehidupanmu akan membantu dalam bagaimana bertindak dengan orang-orang disekitar dan cara menyelesaikan masalah yang ada.

Lalu, apakah ada langkah untuk memulai mencintai diri sendiri? Nah, kali ini aku akan memberikan 4 cara untuk memulai self love untuk kamu yang masih kurang mencintai diri sendiri. Yuk disimak!

Mengenali diri dengan lebih baik

Pertama, kamu harus mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Banyak lho yang masih tidak mengenal diri sendiri dan tidak mengetahui dengan pasti apa yang sebenarnya ingin mereka inginkan.

Situasi semacam ini membuat kamu menjadi kurang mencintai diri sendiri sehingga masih merasa selalu kurang.

Mengenal diri sendiri artinya kamu dalam kondisi apapun menerima diri sendiri dan tahu apa yang menjadi tujuan hidup, apa yang ingin dicapai, begitu pula dengan ketakutan terbesarmu. Sehingga orang yang sudah mengenali dirinya sendiri akan mengetahui potensi dalam diri serta keinginannya.

Berhenti membandingkan diri kamu dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lain adalah hal yang sangat toxic dan tanda kita masih kurang mencintai diri sendiri.

Dengan terus-menerus membandingkan diri kamu dengan orang lain hanya akan membuatmu lelah karena perasaan insecure dan rendah renda. Akhirnya kamu hanya membuang waktu untuk hal-hal yang tidak mebangun jadi fokuslah pada apa yang dimilki dan apa yang bisa kamu tangani.

Jangan khawatir pendapat orang lain

Untuk mencintai diri sendiri kamu harus lebih cuek terhadap pendapat orang lain apalagi pendapat yang hanya menjatuhkan mental.

Kamu harus ingat, bukan menjadi kewajibanmu untuk mengubah bagaimana cara orang lain berpikir, fokuslah untuk melakukan hal yang penting selama itu positif, dan jangan lupa untuk menyerap sisi positif dari pendapat tersebut dan memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Berpikir positif

Mencintai diri sendiri dapat lebih mudah dilakukan dengan mengubah cara pandang menjadi lebih positif dibandingkan dengan berpikir negatif yang hanya mendatangkan rasa bersalah, malu, dan tidak percaya diri, serta rasa takut yang berlebihan.

Berpikirlah positif dengan segala hal dalam diri sendiri dan sekitarmu agar mendatangkan kedamaian dan kebahagiaan yang kamu cari.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu terapkan untuk memulai self love. Tentu tidaklah mudah, namun asalkan kamu percaya dan berusahan pasti semua dapat dilakukan.

Intinya tidak ada orang yang terlahir dengan sempurna, maka dari itu kamu harus fokus terhadap diri sendiri dan menjalani hidup karena dirimu itu berharga!

Joevita Aurora

Pnj.ac.id

40 Replies to “4 Cara untuk Memulai Self Love”

    1. dikhianati itu bukan sama sekali bukan salah kamu, itu hal yang terjadi di luar kemampuan kamu dan menjadi pilihan dan tanggung jawab dari orang yang ngelakuin!
      jadi dari aku tipsnya yaa walaupun sulit, ya dalam segala keadaan kamu harus tetap bersyukur, selain itu tetap coba buat ikhlasin dan maafin orang yang buat salah ke kamu..
      semogaa membantu yaa!!<3

      Like

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started